Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Image

Buncit Perut adalah salah satu masalah bagi banyak orang, baik pria maupun wanita. Perut buncit membuat tubuh terlihat kurang menyenangkan untuk dilihat.

Tidak dapat ditolak, untuk pria, ingin perut six-pack. Sedangkan untuk wanita, ingin memiliki perut yang rata. Namun, niat memiliki perut enam bungkus dan flat sering terhambat untuk berolahraga.

Akibatnya, banyak orang mencari informasi tentang bagaimana menyusut perut buncit tanpa berolahraga.

Menyusut perut buncit dapat dilakukan secara alami, cepat dan tanpa olahraga. Namun, Anda harus melakukan gaya hidup sehat atau tidak malas.

Cara paling efektif untuk mengecilkan perut yang buncit adalah mengkonsumsi buah atau sayuran tertentu.

Selain itu, BOLA.com juga telah merangkum cara menyusut perut buncit secara alami, aman tanpa narkoba dan olahraga yang dapat dicoba di rumah dikutip dari Lamankehatq, Jumat (25/9/2020).

Ilustrasi makanan berserat. / Pexels 1. Meningkatkan konsumsi serat

Serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan Anda untuk makan lebih banyak atau ngemil akan berkurang.

Menurut penelitian dari NCBI, serat juga baik untuk sistem pencernaan sehingga akan mengurangi perut kembung dan mencegah lambung muncul lebih jauh.

  1. Mengurangi asupan kalori

Cara menyusut perut berikutnya adalah untuk mengurangi asupan kalori sehari-hari sehingga kelebihan berat badan dapat dipangkas, serta ukuran lambung.

Meski begitu, itu tidak berarti Anda harus mengurangi asupan kalori secara drastis. Karena, jika terlalu sedikit kalori yang masuk, metabolisme tubuh seperti penyerapan fluida, pembakaran lemak, dan penyerapan nutrisi akan melambat.

  1. Membatasi Makan Karbohidrat

Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi untuk tubuh. Namun, untuk menjaga perut tetap rata, Anda harus memilih karbohidrat kompleks seperti gandum utuh dan menghindari makan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti segar biasa, atau pasta.

Karena, sebagian besar karbohidrat sederhana akan dikonversi menjadi glukosa atau gula. Jika Anda mengonsumsi lebih banyak gula daripada yang seharusnya, gula kelebihan akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

  1. Tingkatkan asupan protein

Mengkonsumsi protein akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, dalam sebuah penelitian kecil ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti susu, telur dan daging sapi, umumnya memiliki persentase lemak lambung yang lebih rendah.

  1. Batasi garam

Terlalu banyak konsumsi garam dapat membuat penyerapan air dalam tubuh terganggu sehingga banyak cairan menumpuk, termasuk di perut. Ini akan membuat Anda kembung dan terlihat buncit.

Satu di antara cara efektif menyusut lambung adalah dengan membatasi asupan garam. Anda dapat mengganti garam yang biasa dikonsumsi dengan natrium garam laut bawah, atau menambah rempah-rempah untuk makanan sehingga rasanya lebih lezat.

Ilustrasi mendapat mimpi buruk kredit: pexels.com/pixabay 6. Mengurangi gula

Gula adalah salah satu penyebab paling umum dari seseorang memiliki lambung buncit. Jadi, membatasi asupan gula dapat menjadi salah satu cara efektif perut menyusut.

Asupan gula yang berlebihan biasanya diperoleh dari minuman kemasan, seperti kemasan teh, susu, soda, dan jus buah, sehingga Anda harus menghindari minuman jika Anda ingin memiliki perut yang rata.

  1. Konsumsi Probiotik.

Probiotik adalah bakteri yang baik yang akan membantu berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk pembakaran dan distribusi lemak. Anda bisa mendapatkan probiotik dari makanan atau minuman fermentasi, seperti tempe, yogurt, atau kimchi.

  1. Minumlah air yang cukup

Anda dapat mencegah kembung dan kelainan dalam penyerapan cairan dalam tubuh dengan minum banyak air. Selain itu, minum satu gelas air sebelum makan juga akan membantu Anda merasa sedikit penuh sehingga porsi makanan dapat dibatasi.

  1. Cukup tidur

Tidur yang cukup menjadi satu antara menyusut perut yang perlu dipertimbangkan. Karena, ketika seseorang tidak tidur, keseimbangan hormon di tubuhnya akan berubah dan membuat mereka lebih cepat lapar.

Jadi, jika Anda ingin menghilangkan perut buncit sambil menurunkan berat badan, cukup tidur, yaitu 7-9 jam sehari.

  1. Kurangi stres

Orang-orang yang stres akan menghasilkan lebih banyak hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan sehingga orang-orang yang sering mengalami kenaikan berat badan.

Untuk mengurangi stres, Anda dapat berlibur, melakukan hobi, atau memberi tahu orang-orang terdekat.

Ilustrasi makan. / Foto oleh Louis Hansel pada Unsplash 11. Makanlah perlahan

Jika Anda makan terlalu cepat, otak tidak memiliki cukup waktu untuk memberikan informasi yang Anda konsumsi terlalu banyak kalori. Makan terlalu cepat juga akan membuat Anda menelan terlalu banyak udara dan gas sehingga berisiko kembung.

  1. Kunyah makanan sampai halus

Cara Anda mengunyah makanan juga dapat memengaruhi ukuran perut. Karena, jika ditelan dengan kondisi yang kurang sirip, makanan tidak akan dicerna dengan benar-benar sempurna. Akibatnya, perut rentan terasa kembung dan terlihat buncit.

  1. Jangan menelan terlalu banyak udara dan gas

Minuman yang terbuat dari soda, dapat menyumbangkan kelebihan gas ke saluran pencernaan Anda. Jika terlalu banyak, gas ini akan membuat perut terasa kembung dan terlihat lebih buncit.

Masuknya kelebihan gas ke tubuh juga dapat terjadi karena mengunyah permen karet, minum melalui sedotan atau makan sambil berbicara.

  1. Konsumsilah cuka apel

Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel diyakini dapat menumpahkan penumpukan lemak dalam tubuh. Meski begitu, penelitian tentang ini hanya dilakukan pada hewan uji sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat dampaknya secara langsung pada manusia.

  1. Perhatikan porsi makanan

Mengecilkan perut buncit, Anda juga harus memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi. Makan cukup dan pastikan menu yang dimakan adalah makanan sehat.

Anda disarankan untuk makan lebih banyak makanan yang terbuat dari gandum utuh, seperti roti gandum dan mengandung asam lemak jenuh tunggal seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

Ilustrasi minyak ikan. / Pexels 16. Minumlah teh hijau dan kopi tanpa gula

Minum teh hijau atau kopi tanpa gula dianggap meningkatkan kalori terbakar dalam tubuh. Selain itu, kedua minuman ini juga dapat mengurangi ukuran lingkar pinggang dan membuat perut terlihat lebih rata.

  1. Makan ikan berlemak atau minyak ikan

Mengkonsumsi ikan berlemak, seperti salmon satu atau dua kali seminggu dapat menjadi salah satu perut lezat untuk mengecilkan lidah. Karena, ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 dan protein berkualitas tinggi.

Kedua komponen tersebut diyakini mengurangi penumpukan lemak di hati dan lambung. Konsumsi ikan ini juga dapat diganti dengan suplemen minyak ikan atau minyak ikan.

  1. Ganti minyak biasa dengan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung trygliserides rantai menengah (MCTS) yang diyakini memberikan energi dan membuat Anda merasa lebih penuh. Minyak ini juga disebut dapat membantu mengurangi ukuran lingkar pinggang.

  1. Setel jam makan

Makan camilan yang mengandung protein antara pukul 15.00-16.00 diyakini dapat membantu menyadari perut menjadi buncit. Konsumsilah makanan ringan seperti protein bar atau almond dengan apel, yang dapat memicu metabolisme dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Kadar gula darah yang lebih rendah, semakin rendah kadar insulin. Sementara itu, insulin yang membuat tubuh menyimpan lemak di perut.

Cuplikan Islam Cuplikan Olahraga

Written on November 29, 2021